Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
RSS

Perca di buang sayang ; Inspirasi Warna Warni Kanzashi

Sudah mengenal Kanzashi atau Kanzashi Tsumami ??? 

Kanzashi adalah hiasan rambut yang dipakai pada tatanan rambut tradisional jepang, biasanya dipakai saat mengenakan kimono. Hiasan ini bukan hal baru karena sudah ada sejak era Jomon (14000 BC) . Konon pada waktu zaman kerajaan jepang dulu para dayang (atau apa ya sebutannya ?) membuat hiasan dari kain perca yang dibentuk indah. Mungkin kain utuhnya  untuk baju atau lainnya. Kain yang digunakan pun dari sutra.

Seiring perkembangan zaman, Kanzashi tidak hanya untuk aksesoris rambut, tapi juga untuk aksesoris tas, kalung, bando, sepatu, keychain bahkan toples atau kotak kado pun bisa. Selain itu teknik yang digunakan pun semakin berkembang. kain yang digunakan juga beragam bahkan pita pun bisa. 

from :      flickr
from :   Okini-flickr

Saya pertama kali tertarik mencoba membuat kanzashi saat membaca buku Kanzashi-Bloom-Fold-Sew-Projects . Ternyata membuatnya mudah hanya harus telaten karena kecil-kecil. Ini hasil kreasiku (udah lama)

Bagi teman-teman yang mau mencoba membuat, saya sharing beberapa sites yang biasa saya jadikan guru

Banyak lagi sumber tutorial lainnya tinggal pilih2 di mbah Google yaaaa, klo inspirasi bentuk yg mau dibuat biasanya saya melihat blog, toko online, etsy, flickr dan lainnya.

Tips dari saya

  • telaten
  • gunakan kain yg tipis atau pita dg ukuran besar
  • pake lem yg bagus
  • cari ide dg liat byk gambar 
selamat berkreasi ........


                      

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment