Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
RSS

Perpustakaan Idaman , Ada di Sini

Pernah menonton drama korea Love in Harvard???  yang menampilkan banyak scene di perpustakaan yang lengkap dan bisa buat tiduran.
Atau pernah nonton film Matilda ; seorang anak kecil yang hobi ke perpustakaan dan bawa gledekan  (kereta mainan anak2) buat pinjem buku.
Matilda (1996) Poster
pic: imdb
kalau lihat film di atas pasti senang ya membayangkan perpustakaan yang lengkap, sofa yang empuk, tempat yang tenang, buku-buku lengkap, bisa pinjem banyak, banyak fasilitas lain, ahhhh senangnya..... Eitsss ga usah membayangkan. Di tempat ini itu semua jadi kenyataan koq.

Yaa Perpustakaan ini, Public Library Singapore, adalah perpus yang lengkap dan nyaman yang pernah saya kunjungi. Ini merupakan public library artinya terbuka untuk umum, dari anak-anak, balita juga boleh, sampai kakek nenek pun boleh menikmatinya.

Lokasi 
Di seluruh Singapura, terdapat 22 public library di setiap daerah, seperti Clementi, Bukit Batok, Bedok dan lainnya.  Sedangkan untuk regional (perpus besar) ada 3 yaitu di Jurong, Tampines dan Woodlands. Nah untuk perpus pusat, yang paling besar dan merupakan kantor pusatnya terletak di Victoria street, berdekatan dengan Bras Basah Complex. Kalau mau lokasi detailnya lihat di sini aja ya.

Lokasi masing-masing perpustakaan sangat strategis, biasanya ada yang bangunan sendiri seperti Jurong Regional Library, atau jadi satu dengan Mall (perpusnya di dalam Mall) seperti yang ada di Clementi, Bukit Batok, Chua Chu Kang. Enaknya lagi lokasinya pasti berdekatan dengan terminal bis dan MRT, wet market juga toko-toko.

Jadi Jangan heran kalau ada pengunjung yang baca-baca sambil bawa sayuran (abis belanja di pasar), atau belanjaan lainnya (kan skalian cuci mata di mall).

Ada Apa di dalamnya ?

Masing-masing perpustakaan, luas areanya berbeda, yang jadi satu dengan mall pasti lebih kecil lah ya. Secara umum isi bukunya sama, dari mulai buku pelajaran, novel remaja sampai dewasa, komik, buku masakan, art, koran, majalah, buku anak-anak, dan pengetahuan umum lainnya. dan bisa pinjem CD musik atu film juga lohh.

Kalau di perpustakaan besar seperti Jurong Regional , masing-masing lantai untuk satu jenis bacaan. Contohnya :

  • Lantai basement ; khusus buku cerita anak ( toddler-preschool), ruangnya warna warni dengan kursi kecil2 kaya di TK, dan bebas mo lari-lari atau rame. 
  • Lantai 1 :  customer service, bacaan koran, majalah, audio (film dan musik)
  • lantai 2 : lebih ke umum, seperti resep masakan, agama, komputer, kerajinan tangan, arts, buku-buku bahasa lain (Chinese, Melayu, India).
  • lantai 3 : buku reference . lebih ke buku pelajaran sekolah atau kuliah.
  • lantai 4 : Teen area, novel-novel remaja, komik, komputer buat ngenet, tempat duduknya pun unik ada area lesehan dan bermain. di lantai ini berisik sekali, apalagi jam pulang sekolah. 
terkadang diadakan juga workshop atau storytelling untuk anak-anak. Jadi ga ada alasan untuk tidak baca karena mau koran, majalah, komik, buku, semua ada. Saya sih betah berlama-lama disini sambil lesehan dengan setumpuk buku, cuma mata yang ga betah hahaha.

Nah kalau mau sambil tidur, cari yang perpus besar (meski sebenarnya ga boleh) tapi banyak yg baca buku, tiba-tiba dah tidur. kalau di perpus kecil bakalan di bangunin petugas, suruh pulang aja 

pic :  flickr


Mau jadi anggota ? bisa.... Anggota perpus boleh warganegara atau foreigner yg menetap di Singapore. Untuk citizen, biaya gratis bahkan bisa minjem sampai 36 buku , itu kenapa saya bilang harus pake gledekan . Klo foreigner biaya 50 SGD klo ga salah (sy lupa), dan berlaku untuk 1 tahun, bisa minjem 8 buah ( boleh 8 buku atau 4 audio 4 buku terserah)


Kartu anggotanya kaya gini nie, Nama lengkap dan tanggal sy blur ya teman, kan dokumen pribadi hehe. Klo pinjem buku tinggal masukin kartu, dan scan barcode buku satu persatu, ga usah bawa ke petugas.

Oh iya qt juga bisa check buku lewat web-nya dan di booking. Jadi yang lain ga bisa minjem....
Dan balikin bukunya bisa di perpus mana-mana aja, misal pinjem di Jurong, dikembalikan di Woodland atau lainnya ga masalah.

Kalau musim ujian sekolah atau kuliah, lebih rame lagi yang datang, Malah di NUS, perpus dan McD buka 24 jam, makanya bisa sampe bawa selimut.

Komplit ya tempatnya, lengkap dan nyaman, sofanya juga empuk, saya betah banget nongkrong disini, tau-tau udah sore aja.

tips :

  • minjem seperlunya aja , daripada di rumah terbengkalai (kn yg lain jg perlu)
  • bawa minum klo mo nongkrong lama, asal jgn sampai tumpah
  • sebelum ke perpus, cek online dl aja bukunya ada ato ga

Slmt membaca....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 comments:

MamaDaniel said...

waaa.. bagus sekali.. kalau ke Kuala Lumpur, jemputlah ke Perpustakaan Negara.. ada library khas untuk kanak-kanak.. :D

indah nuria Savitri said...

waaah mbak...nyaman sekali perpustakaannya :D...kebayang nikmatnya menjelajahi dunia dari sini :D...

Hana sugiharti said...

keren y.. nti klo k SG lg kesana ahhhhh

Omah Nuhy said...

mama daniel : tq for the info, mdh2-an dpt menjejakkan kaki di KL lg.

mb Indah : iya betul betah bgt disitu :)

mb hana: silakan dkunjungi mb ga rugi dech.

Post a Comment